Wisata Alam Telaga Warna Dan Telaga Pengilon

By Kompas Dieng, Januari 14, 2016

paket wisata lebaran

Telaga Warna yang terletak di Dataran Tinggi Dieng Yang masuk wilayah Dieng Wetan Kecamatan kejajar, Kabupaten wonosobo,jawa tengah. Keunikan warna air dari telaga tersebut menjadikan sebuah  fenomena alam yang menjadikan warna air dari telaga sering berubah – ubah.fenomena ini karena air dari telaga mengandung sulfu yang cukup tinggi, sehingga saat terkena sinar matahari maka warna air telaga seakan berwarna

Telaga yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut ini dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna.Harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat. Para wisatawan juga akan merasakan suasana mistis yang hening disempurnakan oleh kabut putih dan pepohonan yang rindang.

telaga warna

Memasuki Gerbang Telaga Warna, anda akan menjumpai 2 cabang Jalan setapak. Menyusuri Jalan setapak sebelah Kanan, selain keindahan pemandangan Telaga Warna anda juga bisa melihat Kejernihan panorama Telaga Pengilon yang terletak tepat bersebelahan dengan Telaga warna. disepanjang Jalan setapak, anda juga terdapat beberapa Goa seperti Goa Semar, Goa sumur, Goa jaran serta Batu Tulis.

Objek Wisata Dieng Deket Telaga Warna

Goa Semar

Goa Semar adalah goa sang pamomong. Ungkapan itu tidaklah berlebihan karena di goa ini sejak dahulu sudah terkenal sebagai goanya para pemimpin. Mantan Presiden Soekarno dan Soeharto pernah mengunjungi goa ini untuk bersemedi. Goa ini juga diincar calon presiden atau penguasa yang ingin maju ke tambuk kekuasaan. Goa Semar juga goa induk dan menjadi ciri khas bahwa pada budaya masyarakat Dieng goa adalah salah media alternatif untuk menyampaikan pesan kepada Tuhan.

 

Goa Sumur

Gua ini memang memiliki kolam kecil yang airnya konon bertuah. Banyak yang percaya air di Gua Sumur ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih cantik. Adapula yang menggunakannya untuk upacara suci, umat Hindu dari Bali, misalnya. Mereka menggunakan air gua ini untuk upacara Muspre atau Mabakti.

Goa Jaran

Goa Jaran atau Goa Kuda di Dieng mempunyai bentuk yang unik yang seperti kuda. Jika diamati dengan seksama mulut goa persis menyerupai kuda. Dia goa ini pula sejumlah orang pada malam-malam keramat berdatangan untuk mencari wangsit. Di goa yang usianya ratusan ini pula cocok untuk berfoto-foto bagi sejumlah wisatawan. Jika beruntung, di goa jaran ini sejumlah warga bertapa mendapatkan sejumlah alat persenjataan jaman kerajaan mataram seperti keris dan tombak.

 

Telaga Pengilion

Masih di sekitar Telaga Warna, tepatnya di sebelah selatannya, ada sebuah telaga yang bernama Telaga Pengilon. Nama Pengilon diambil dari bahasa Jawa yang berarti cermin. Nama itu menunjukkan pada warna airnya yang sangat jernih hingga bisa dipakai untuk bercermin. Ukuran Telaga Pengilon lebih kecil dari Telaga Warna. Karena kejernihan airnya masyarakat setempat memitoskan bahwa jika seseorang yang berhati baik bercermin di Telaga Pengilon maka akan terlihat tampan atau cantik. Sebaliknya, apabila seseorang berhati buruk maka yang gambaran yang terlihat di permukaan telaga adalah sosok yang bermuka jelek.

 

 

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *